Iklan Header

Apa Saja Lampiran Surat Lamaran Kerja? Ini Daftar Yang Biasa Diminta

 


Surat lamaran kerja merupakan bagian penting dalam prosesi melamar pekerjaan Kamu pertama kali. Bagian HRD akan memperhatikan profil singkat Kamu lewat lamaran kerja ini. Selain bagian surat lamaran yang memberikan gambaran tentang diri, Kamu juga harus memperhatikan berkas atau dokumen yang diunggah nanti. Jangan sampai email lamaran kerja sudah terkirim, tapi Kamu lupa melengkapi lampiran surat lamaran kerja dengan baik.

Agar Kamu bisa diterima mengisi posisi di perusahaan yang dituju, pastikan membuat surat lamaran kerja yang menarik. Pakai bahasa yang sopan dengan kaidah penulisan minim typo guna menarik perhatian HRD di body email. Selain itu, Kamu harus mengunggah lampiran surat lamaran kerja yang lengkap. Berikut berkas yang harus dimasukkan dalam lampiran lamaran kerja lewat email yaitu :

1. Surat lamaran kerja

Lampiran pertama yang ditulis di body email sebagai referensi pertama HRD untuk menilai diri Kamu.

2. CV atau portofolio

Lampirkan CV atau portofolio yang berisi rangkuman mengenai diri Kamu secara lengkap. CV yang berisi informasi lengkap dan menarik akan menarik perhatian HRD sejak pertama kali membaca resume Kamu.

3. Fotokopi ijazah terakhir

Jangan lupa untuk mengirimkan lampiran dalam bentuk PDF atau Jpg fotokopi ijazah terakhir dan transkrip nilai.

4. Fotokopi identitas pribadi

Fotokopi identitas pribadi merupakan berkas penting yang tidak boleh terlewat saat melamar kerja. Biasanya perusahaan hanya butuh identitas pribadi, tetapi ada pula yang menerapkan aturan tambahan fotokopi Kartu Keluarga.

5. Pas foto terbaru

Biasanya ukuran pas foto terbaru dalam melamar kerja 3×4 atau 4×6, tetapi ada pula perusahaan yang mengisyaratkan foto seluruh badan untuk mengisi posisi tertentu. Misalnya Kamu akan melamar posisi SPG atau sales yang membutuhkan kualifikasi penampilan menarik.

6. Sertifikat pendukung

Jangan lupa untuk mempersiapkan berkas berupa sertifikat pendukung atau prestasi yang bisa menunjang potensi diri Kamu di mata HRD. Misalnya Kamu memiliki sertifikasi TOEFL dengan nilai memuaskan yang bisa mengisi lowongan customer service yang wajib menguasai bahasa asing.

7. Surat Keterangan Sehat

Surat Keterangan Sehat jasmani dan rohani bisa saja menjadi lampiran penting yang harus dikeluarkan dari rumah sakit atau klinik kesehatan terpercaya.

8. SKCK dari Kepolisian

Perusahaan juga meminta lampiran SKCK dari Kepolisian sebagai tanda Kamu berkelakuan baik.

9. Fotokopi surat pengalaman kerja

Bisa saja perusahaan juga mempertimbangkan fotokopi surat pengalaman kerja atau referensi kerja yang pernah Kamu lakukan, misalnya sertifikat PKL lapangan semasa sekolah atau kuliah.

10. Formulir perusahaan

Sebenarnya, poin terakhir bersifat tambahan sebab tidak semua perusahaan menerapkan aturan mengisi formulir melamar kerja tersebut.

Jika ingin melamar kerja lewat email di era digital ini, pastikan Kamu mempersiapkan lampiran surat lamaran kerja dengan baik dalam bentuk format PDF atau sesuai kebijakan perusahaan yang berlaku.



Tidak ada komentar untuk "Apa Saja Lampiran Surat Lamaran Kerja? Ini Daftar Yang Biasa Diminta"