Iklan Header

Cari Kerja Era Digital, Harus Paham Cara Mengirim Lamaran Lewat Email


Dewasa ini, kecanggihan teknologi sudah memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat modern. Era digital sudah berkembang semakin jauh sehingga cara konvensional tidak lagi diminati, termasuk dalam hal melamar kerja. Kamu yang mencari pekerjaan di era digital, wajib tahu cara mengirim lamaran lewat email yang lebih mudah.

Bila Kamu bingung bagaimana cara mengirim lamaran lewat email, maka perhatikan beberapa tutorial penting berikut :

1. Membuat daftar riwayat hidup

Daftar riwayat hidup atau CV menjadi kunci menarik perhatian HRD sejak awal membaca dokumenmu. Tulis CV dengan baik yang berisi informasi dirimu lebih lengkap, termasuk pendidikan dan keahlian yang mendukung profil dirimu. Bila profil yang Kamu lampirkan menarik, maka besar harapan Kamu akan lolos seleksi HRD pertama kali.

2. Persiapkan berkas yang akan diunggah

Mempersiapkan semua berkas yang dibutuhkan dalam melamar kerja jauh hari sangat penting agar tidak ada berkas yang terlewat. Kamu harus menyiapkan dokumen fotokopi KTP, fotokopi ijazah terakhir, pas foto, fotokopi dokumen pendukung, dan lain-lain sesuai ketentuan yang ditetapkan pihak HRD perusahaan terkait.

3. Pastikan berkas dalam bentuk PDF

Format PDF merupakan format yang digunakan dalam pengiriman dokumen secara formal. Sebaiknya Kamu tidak mengubah dokumen dalam bentuk rar sebab menyusahkan HRD yang akan langsung melewatkannya.

4. Hindari mengirim dokumen lebih dari 1 MB

Dokumen yang lebih dari 1 MB bisa menyulitkan tim HRD yang harus mengunduh satu per satu dokumen Kamu.

5. Tulis lamaran di body email

Lamaran kerja harus ditulis di body email dengan bahasa yang singkat, informatif dan jelas.

6. Tulis lamaran memakai bahasa yang baik

Gunakan Bahasa Indonesia yang sesuai kaidah EBI atau Bahasa Inggris bila Kamu memang melamar posisi tertentu yang mewajibkan lamaran memakai bahasa asing.

7. Pakai nama email profesional

Hindari memakai nama email yang alay atau memakai kata aneh, gabungan angka dan tulisan yang tidak cocok dipakai untuk melamar kerja. Sebaiknya pakai email dengan nama pribadi untuk kesan lebih profesional.

8. Tulis subjek dengan jelas

Jangan sampai Kamu membiarkan subjek kosong dan tulis dengan jelas maksud sesuai rekomendasi pihak HRD, misalnya lamaran kerja posisi tertentu.

9. Cek tulisan dan lampiran sekali lagi

Hal ini untuk meminimalisir risiko kesalahan penulisan atau ada dokumen yang lupa belum diunggah, ya!

10. Kirim pada jam kerja

Hindari melakukan kesalahan mengirim lamaran kerja pada jam istirahat atau hari libur. Pastikan Kamu mengecek kembali jam kerja perusahaan terkait sesuai iklan pada lowongan kerja.

Beberapa cara mengirim lamaran lewat email di atas bisa menjadi referensi untuk Kamu yang hendak mengirimkan resume ke perusahaan terkait. Tunggu beberapa hari untuk mendapatkan balasan email, ya!








Tidak ada komentar untuk "Cari Kerja Era Digital, Harus Paham Cara Mengirim Lamaran Lewat Email"